Kenalan Yuk dengan Profesi Wine Sommelier!

Pernahkah kamu melihat adegan di suatu film, di mana ada sepasang kekasih sedang makan malam di restoran mewah dengan sajian makanan serta ditemani dengan gelas cantik berisi wine?

Wine biasa disajikan di meja makan bersama dengan menu tertentu. Tapi tahukah kamu, bahwa ada orang yang berprofesi mempelajari dan menyajikan wine?

HAHO Wine Sommelier Indonesia - glass wine
Wine Sommelier Indonesia. Sumber: Unsplash

Profesi ini disebut dengan Wine Sommelier (dibaca: some’ll yay), diambil dari bahasa Perancis yang berarti pemandu wine. Mereka tidak hanya melayani para tamu dan mengantarkan wine ke meja makan, namun lebih dari itu.

Para Wine Sommelier harus tahu berbagai rasa wine, mampu merekomendasikan jenis-jenis wine ke para tamu yang tidak semua tahu mengenai hal itu. Selain itu, jenis-jenis wine ini akan terasa sempurna jika disajikan dengan menu makanan yang sesuai. Maka dari itu, pekerjaan ini tidaklah mudah. Membutuhkan skill khusus untuk mampu mengecap rasa dan bagaimana minuman tersebut disajikan ke para tamu.

Masih penasaran? Kalau begitu, kamu harus kenalan dulu dengan profesi Wine Sommelier!

HAHO Wine Sommelier Indonesia - Wine bottle
Bottle wine. Sumber: Unsplash

Apa saja yang dilakukan oleh seorang Wine Sommelier?

Wine di Indonesia dibawa oleh para turis maupun ekspatriat dari Eropa dan Barat. Menurut tradisinya wine disajikan dengan santapan seperti daging dan seafood. Meskipun hanya menyajikan minuman, seorang wine sommelier juga harus mengetahui bagaimana menyiapkan, menyimpan, bahkan hingga jenis anggur yang digunakan.

Bahkan di luar negeri, mereka juga harus tahu proses pemetikan anggur langsung dari kebun hingga proses akhir pembuatan akhir. Iklim, tanah, cuaca, hingga cara menanam dan memetik buah anggur menentukan rasa wine.

Perkembangan Wine Sommelier di Indonesia

HAHO Wine Sommelier Indonesia - Wine bottle and wine sommelier
Wine dan ruang penyimpanan. Sumber: Unsplash

Di Indonesia kita memiliki Indonesia Sommelier Association (ISA), organisasi ini berafiliasi dengan The Association de la Sommellerie Internationale (ASI), yang didirikan di Reims, Perancis pada Juni  1969.

Organisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan wine sommelier di seluruh dunia, sehingga dapat mengembangkan pengetahuan apapun mengenai wine. Dengan cara ini, kualitas dalam penyajian wine dan rasa dapat menjadi prioritas bagi para penikmat minuman fermentasi anggur ini.


Baca juga: Sekolah Chef versi HAHO, Ini Caranya!


Ajang unjuk gigi: Indonesian Sommelier Competition

HAHO Wine Sommelier Indonesia - Wine Sommelier
Ilustrasi Wine Sommelier. Sumber: Unsplash

Setiap tahunnya ISA mengadakan Indonesian Sommelier Competition yang diikuti oleh para ahli wine di Indonesia. Sebut saja Suyanto (2013) dan Sansan Pratama (2015), mereka masing-masing adalah pemenang Indonesian Sommelier Competition.

Bahkan, Suyanto juga berlanjut ke kompetisi tingkat internasional. Seperti yang dilansir dari detik.com, prestasi tersebut akan meletakkan Indonesia dalam peta komunitas wine. Termasuk pula meningkatkan posisi Suyanto di arena internasional sebagai Senior Master Sommelier.

Untuk menjadi seorang wine sommelier, kamu harus mengikuti training khusus, nah simak dulu yuk cuplikan video berikut ini!

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, kamu bisa ikut sekolah bartender yang menyediakan program belajar wine sommelier. Jenjang karirnya pun bisa berlanjut ke dunia perhotelan serta restoran besar.

Good luck, #DoGeneration! Jangan lupa sign up ya di HAHO.CO.ID

 


Baca juga: 6 Sekolah Culinary Art yang Bikin Kamu Viral seperti Gordon Ramsay!


 

Angie Tritantya

Creative Content Writer