Tutorial Sederhana Melakukan Trik Sulap Digital

Kamu yang akrab dengan media sosial pasti sering melihat trik sulap digital, bukan?

Dipopulerkan oleh Zach King, sulap digital kini telah dikenal oleh berbagai kalangan. Dengan durasi yang singkat, kamu kini bisa menunjukkan berbagai aksi menghibur, lho. Hal tersebut tentunya dimanfaatkan oleh berbagai profesi entertainer, termasuk pesulap.

Seperti halnya sulap konvensional, sulap digital sebenarnya hanyalah trik kamera belaka yang dikemas sedemikian rupa sehingga membuat kagum siapapun yang melihatnya. Kali ini, HAHO akan membahas hal yang unik, lho, yaitu rahasia dan tutorial membuat sulap di dunia maya. Kamu mungkin bisa lebih jago dari Zach King setelah membaca artikel ini!

Menghilangkan Objek dengan Teknik Freezing

Sulap digital seperti di atas tidak begitu sulit dilakukan, lho. Sederhananya, teknik freezing dalam media video adalah mem-pause video yang sedang kamu rekam, memodifikasi atau mengganti objek utama kamu, kemudian melanjutkan proses rekaman kamu.

 


Baca Juga: Sulap Digital Unik Zach King dan Tb Putera!


 

Tentu saja kamu tak harus sendirian dalam melakukan aksi sulap kamu. Menggunakan teknik yang sama, pesulap Vine bernama JehReh melakukan trik sulap serupa. Uniknya, di sini JehReh melibatkan anaknya dalam aksi sulapnya yang diberi judul “Mirrorland.

Selain JehReh, pesulap Vine Indonesia Tb Putera juga kerap melakukan aksi sulapnya menggunakan teknik ini.

Teknik Stop Motion

Teknik kamera yang satu ini merupakan teknik video utama yang digunakan oleh seorang animator. Meski lebih kompleks dibandingkan teknik freezing, tapi bisa menghasilkan efek video yang tak kalah mengagumkan. Pada dasarnya, stop motion adalah teknik mengurutkan kumpulan foto yang diolah ke dalam video, dengan posisi objek dalam tiap foto diubah sesuai keinginan pembuatnya, sehingga dapat memberi kesan bahwa objek tersebut tak hanya berada dalam satu titik.

sulap vine
Teknik Stop Motion pada Lego. Sumber: Brick Flicks.

Selain untuk memberi efek gerak pada benda mati, teknik stop motion juga bisa dikembangkan untuk memberikan ilusi seperti dalam aksi sulap di atas panggung. Salah satu pesulap digital yang kerap menggunakan teknik stop motion adalah Kevin Parry.

Software Editing

Kalau kamu ingin menampilkan efek yang lebih meyakinkan, kamu bisa menggunakan beberapa software pengeditan video yang bisa memberikan kedua efek sulap di atas dalam aksi kamu. Beberapa di antaranya adalah Final Cut Pro untuk Mac OS dan Adobe After After Effects untuk Mac OS dan Windows. Untuk stop motion, kamu bisa menggunakan Dragonframe dan Stop Motion Pro.

Ternyata tidak sulit, ‘kan, untuk menjadi seorang pesulap digital? Tunjukkan aksi sulap dan besarkan nama kamu dengan bergabung di HAHO.CO.ID!

Baca Juga: Belajar Ilusi Pasir Secara Otodidak!