Tips Siaran dan Bikin Channel Podcast

podcast
Studio dan Para Penyiar Podcast. Sumber: Essential Evidence Update.

Dewasa ini, semakin banyak bentuk media konvensional yang bertransformasi menjadi digital, salah satunya adalah perubahan radio menjadi podcast.

Buat kamu yang penasaran, podcast adalah bentuk audio digital episodik yang tersedia di Internet untuk di-download oleh pengguna atau pelanggannya. Jenisnya pun beragam, mulai dari, musik, review film, hingga diskusi quote yang diutarakan oleh filsuf-filsuf terkenal.

Meskipun terdengar mudah, banyak hal-hal yang harus diperhatikan, lho. Kali ini, HAHO akan memberikan tips untuk membantu channel podcast kamu semakin oke di telinga pendengar.

Pilih Topik yang Kamu Sukai dan Pahami

Salah satu syarat channel podcast yang baik adalah memiliki penyiar yang memahami dan lancar dalam menjelaskan topik yang dibicarakan. Di luar itu, memilih topik yang sudah kamu pahami akan membantu kamu dalam proses persiapan. Contohnya, kalau kamu sudah paham dengan topiknya, kamu tidak perlu mencari informasi lebih jauh untuk topik tersebut sehingga akan memangkas proses persiapan siaran.

Nama yang Memorable dan Sesuai Topik

Nama yang unik akan membantu kamu untuk branding dan menjadi identitas utama channel kamu. Berikan nama yang berkarakter, mudah diingat, dan sesuai dengan topik channel kamu, misalnya The Clean Comedy Podcast untuk channel yang menyiarkan konten komedi. Atau 99% Invisible, channel berisi diskusi unsur-unsur desain yang jarang terpikirkan oleh sebagian orang, seperti foto orang hilang pada karton susu.

Penyiar dengan Suara yang Otentik

Kamu tentunya membutuhkan penyiar dengan suara yang unik dan menarik untuk membuat pendengar tetap setia mendengar channel kamu. Dari suara dan gaya bicara penyiar, pendengar dapat menentukan dan mengenal seperti apa karakter penyiar kamu.


Baca Juga: Pengisi Suara dalam Industri Kreatif dan Konten Digital


Peralatan Channel Podcast yang Baik

Untuk menghasilkan kualitas suara yang baik, tentunya diperlukan tools yang baik. Pastikan kamu memiliki mikrofon yang tepat (XLR atau USB), ruang kedap suara, juga program penyempurnaan (pengeditan) suara seperti GarageBand atau Adobe Audition.

Perencanaan Konten yang Sempurna

Penyampaian konten kepada pendengar adalah inti dari semua channel podcast. Kesuksesan channel kamu ditentukan oleh topik, karakter, alur bicara penyiar, dan interaksi dengan pendengar. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki kesempurnaan dalam hal-hal tersebut sebelum siaran.

podcast
Kontributor Creative Agency Podcast. Sumber: Creative Agency Podcast.

Terima Feedback dari Pendengarmu

Sebenarnya, podcast adalah bentuk media yang bersifat dua arah. Jadi, kamu di sini tak hanya memberi apa yang sesuai untuk pendengarmu, tapi juga bisa menerima respon dari mereka. Interaksi tersebut bisa dilakukan dengan bertanya topik apa yang menarik untuk disampaikan pada episode selanjutnya, atau—jika channel kamu berbasis musik—memberi kesempatan pendengar untuk request lagu.

Jadikan Pertumbuhan Jumlah Pendengar sebagai Prioritas

Meskipun kamu memiliki konten yang menarik, kamu harus tetap memperhatikan dan membangun jumlah pendengar kamu. Terus promosikan channel kamu pada khalayak yang luas, manfaatkan kekuatan share media sosial secara maksimal. Selain itu, memiliki website resmi dan membangun komunitas juga bisa menambah jumlah pendengar kamu.

Itulah beberapa tips supaya channel podcast kamu jadi makin menarik dan bisa mengundang banyak pendengar. Gimana? Jadi tertarik untuk membuat channel kamu sendiri, ‘kan?

Kalau kamu merasa punya skill sebagai penyiar radio dan ingin mengembangkan kemampuanmu, ayo join di HAHO.CO.ID!

Baca Juga: 5 Unsur Penting Penyiar Radio!