Terungkap! Latihan Sulap Escapology seperti Demian Aditya

Akhir-akhir ini dunia sulap Indonesia sedang hangat dibicarakan. Bagaimana tidak? Penampilan Demian Aditya di America’s Got Talent menuai beragam tanggapan. Mulai dari yang positif hingga negatif.

Namun, tahukah kamu jenis sulap apa yang dilakukan oleh Demian Aditya dalam penampilannya di America’s Got Talent?

Jenis sulap ini dinamakan escapology, di mana para pesulap harus dapat lolos atau melepaskan diri dari kurungan atau perangkap. Pesulap yang melakukannya disebut escapologist. Nah, aksi Demian Aditya disebut dengan escapology!

Demian Aditya dan Crew di AGT
Demian Aditya beserta Crew di acara America’s Got Talent (instagram.com/_demianaditya_)

Jika di Indonesia ada Demian Aditya, di luar negeri ada pesulap Harry Houdini. Dia adalah orang pertama yang mempopulerkan aksi escapology sebagai bagian dari pertunjukan di dunia hiburan. Escapology adalah jenis sulap yang cukup populer dilakukan oleh para pesulap. Selain menarik antusiasme penonton, aksi sulap ini memang yang paling bikin kamu deg-degan! 

 

Oge Arthemus - Escapologist Pertama di Indonesia
Oge Arthemus, Escapologist Pertama di Indonesia

 

Di Indonesia kamu punya nama-nama seperti Oge Arthemus, dia adalah escapologist pertama di Indonesia yang merupakan pemenang The Master Season 5. Lalu ada juga Lady Dhiana Mafa, escapologist perempuan pertama Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjadi seorang escapologist memerlukan skill dan latihan khusus. “Escapology aksi-aksinya berkaitan dengan fisik. Perpaduan kekuatan fisik dan skill,’’ ujar Dhiana seperti yang dilansir dari jawapos.com.

 

Lady Dhiana Mafa
Lady Dhiana Mafa, escapologist perempuan pertama di Indonesia

Sulap jenis ini memang membutuhkan konsistensi dalam berlatih, karena ada yang sedikit berbeda dengan latihan pada jenis sulap lainnya. Daripada penasaran, HAHO akan ngebocorin ke kamu tentang rahasia para escapologists! 

  1. Escapologist harus rutin latihan fisik
    Latihan fisik ini bertujuan untuk membuat daya tahan tubuh lebih baik. Bisa dalam bentuk lari atau pun workout. Escapology menuntut kamu untuk gerak dan mengeluarkan tenaga ekstra untuk melarikan diri dari kurungan. Ditambah, membutuhkan latihan rutin demi suksesnya pertunjukkan.
  2. Lakukan latihan dengan peralatan yang sama yang digunakan untuk pertunjukkan
    Hal ini penting banget loh #DoGeneration! Peralatan yang ada biasanya sudah diatur sedemikian rupa. Selain itu kamu juga harus memanfaatkan waktu yang terbatas sebaik mungkin. Tujuannya adalah mengadaptasi diri kamu dengan peralatan pertunjukan.
  3. Weight training juga penting!
    Weight training bertujuan untuk kekuatan dan penambahan otot, karena untuk dapat melakukan pertunjukan escapology dibutuhkan kombinasi keduanya. Hal ini penting untuk membangun skill escapology dalam meloloskan diri.
  4. Meditasi
    Mengapa meditasi diperlukan? Hal ini cukup membantu kamu dalam mengontrol emosi dan rasa cemas dan panik. Apalagi kamu dibatasi oleh waktu saat melakukan aksi tersebut. Saat penonton terlihat panik, meditasi lah yang membantumu untuk tetap tenang dan fokus dalam proses meloloskan diri.
  5. Rutin konsultasi dan pilih rekan untuk berlatih
    Dikarenakan aksi sulap ini cukup beresiko, diharapkan kamu berkonsultasi pada ahlinya. Ikuti komunitas escapology di sekitarmu, lalu usahakan kamu memiliki rekan yang dapat membantumu berlatih.
  6. Baca artikel dan tonton video seputar trik escapology
    Banyak artikel yang membocorkan trik-trik escapology. Tapi jangan khawatir, justru ini adalah kesempatan kamu untuk belajar dan menciptakan inovasi. Banyak video di YouTube serta artikel yang memberikan petunjuk, bahkan hingga cara meloloskan dari dalam mobil terkunci, rantai yang tergembok, hingga borgol.

Escapology merupakan bagian dari pertunjukan seni yang membutuhkan keterampilan serta fisik yang luar biasa dan pesulap tanah air kita, Demian Aditya telah melakukannya dengan baik.

Tetap optimis ya #DoGeneration, bagi kamu yang punya talenta di bidang yang sama, sign up yuk di HAHO.CO.ID

Angie Tritantya

Creative Content Writer