4 Sanggar Tari di Jakarta untuk Kamu yang Cinta Budaya Indonesia

Tidak semua orang memiliki kemampuan menari, khususnya tari tradisional. Beberapa orang bahkan juga mengikuti sanggar tari untuk memperdalam skill.

Bahkan ada beberapa orang tua yang mendaftarkan anak-anak mereka untuk masuk ke sanggar tari untuk mengisi kegiatan di luar jam sekolah. Jadi, selain produktif sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

Jumlah tari tradisional di Indonesia pun beragam. Beragam yang dimaksudkan di sini adalah tidak adanya data yang pasti mengenai jumlah tari tradisional. Ini suatu bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya tari tradisionalnya. Maka dari itu sanggar tari berikut ini tersedia bagi siapa saja yang ingin mempelajari tarian tradisional Indonesia.

Berikut ini daftar sanggar tari tradisional yang ada di Jakarta!

  1. Sanggar Bhineka Nusantara
    Terletak di wilayah Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Sadar 1, No.51, Lubang Buaya, Jakarta-timur. Sanggar ini memberikan kelas, baik Seni Tari Tradisional dan Kontemporer.  Ada tari daerah Betawi, Jawa Barat, Tari Rampak Kendang, Tari Bali, Tari Saman, hingga Tari Papua. Sanggar Tari Bhineka Nusantara menerima murid anak-anak dan dewasa.

    Sanggar tari Bhineka Nusantara
    Sumber: bhinekaarts.blogspot.com

     


    Baca juga : Tari Tradisional Indonesia, Nasibmu Kini di Negeri Sendiri


  2. Sanggar Ratih Ayu

    Sanggar Tari Ratih Ayu
    Sumber: Facebook Sanggar Ratih Ayu

    Berlokasi tepatnya di Jalan Miranda Blok C No.7, RT.5/RW.7, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Sanggar Ratih Ayu membuka kelas tari untuk anak-anak dan remaja. Tak perlu dengan biaya yang akan dikenakan, biaya kelasnya terjangkau.

  3. Sanggar Delima
    Sanggar Tari Delima
    Sumber: sanggardelima.blogspot.com

    Sanggar Delima menyediakan latihan tari untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Berlokasi di Jalan Bukit Duri Tanjakan No.15, RT.1/RW.11, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Kamu juga bisa memilih ingin mengikuti kelas reguler atau privat. Sanggar tari ini juga aktif mengikuti festival tari Indonesia.

  4. Sanggar Ayodya Pala

    Sanggar Tari Ayodya Pala
    Sumber: ayodyapala.com

    Sanggar yang satu ini cukup terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Ayodya Pala membuka kelas paket lengkap untuk seluruh jenis tari tradisional Indonesia, pastinya kamu #DoGeneration akan bisa lebih mengenal banyak jenis tari.

    Ayodya Pala memiliki beberapa cabang, di Jakarta sendiri lokasinya berada di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Mereka bahkan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pertunjukkan tari sebagai bentuk diplomasi untuk negara sahabat.

Nah, jika ingin belajar tari tradisional, kamu bisa langsung mendaftarkan diri kamu, lihat profil sanggar tarinya di HAHO, sign up juga ya di HAHO.CO.ID dan tunjukkan portfoliomu!

Baca juga: Mengenal Pertunjukan Seni Teater Tradisional Indonesia

 

Angie Tritantya

Creative Content Writer