Rich Chigga, Rapper Indonesia yang Doyan Bikin Heboh

Selama dua tahun terakhir, Rich Chigga konsisten membuat heboh kabar musik Tanah Air. Padahal dia, salah satu rapper pendatang baru yang tidak memboyong kontroversi untuk membuat namanya terkenal.

Sejak kemunculannya, tahun 2016 lalu, Rich Chigga memberikan karya yang direspon baik oleh masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

Beberapa media asing seperti TIME mengulas profilnya lengkap dengan lagu Dat $tick yang menghebohkan media sosial termasuk di YouTube sendiri ditonton oleh 21 juta penonton kala itu. Tidak berhenti sampai disitu ia pun terus berkreasi dan mencatat sejarahnya sendiri di kancah musik sejak momentum tersebut.

Berikut HAHO merangkum kejadian-kejadian yang sukses mendongkrak popularitas Rich Chigga!

Heboh Kasih Hadiah Batu Akik ke Pharell

Baru-baru ini, pemilik nama asli Brian Imanuel ini diwawancara oleh rapper tersohor asal Amerika Serikat, Pharell Williams dalam program radio Apple Music, OTHERtone, di Beats 1. Acara tersebut tidak hanya dipandu oleh Pharell tapi juga Steve Vener.

Dalam wawancara tersebut, meski masih terlihat sedikit grogi, tapi Rich Chigga berhasil menjaga rasa percaya dirinya di depan Pharell dan Steve. Video wawancara berdurasi 11:26 menit ini diunggah di YouTube, dan yang membuat heboh adalah hampir di penghujung acara Rich Chigga memberikan hadiah untuk Pharell yaitu cincin batu akik.

“Ada yang mau saya berikan kepadamu. Ayahku kolektor cincin dan dia tahu tentangmu. Dia bilang, “Brian bisa kasih cincin ini? Dia mengoleksi banyak cincin dan ini salah satu cincin termahal. Bagaimana menurutmu?” kata Rich Chigga memberikan cincin dengan batu putih berukuran besar.

“What? Wow. Ayahmu minta kau memberikan ini untukku? Siapa nama ayahmu?” kata Williams sambil memperhatikan cincin itu lalu menunjukkannya ke kamera.

“Ejaannya H-E-R-U. Heru,” jawab Rich Chigga. “Shout to Heru! Dude, (cincin) ini bagus,” tutur Williams.

Tur Amerika, wow!

Perjumpaannya dengan Pharell tentu bukan kebetulan, sebelumnya Rich Chigga menjalani tur Amerika. Banyak yang menyebut, Brian menempuh jalur kilat setelah mengeluarkan lagu tahun 2016, tahun ini ia sudah menggelar konser di Amerika. Ditambah ia adalah penyanyi bergenre rap asal Indonesia berketurunan Tionghoa. Rasanya sangat sulit penyanyi rap asal Asia bisa bersanding dengan rapper Amerika apalagi menggelar konser di sana. Tapi Brian berhasil membuktikannya.

Dimulai pada 28 April 2017 di Los Angeles dan berakhir pada 3 Mei di New York. Usai tur, Rich Chigga tampil di acara Rolling Loud Festival bersama Kendrick Lamar, Tyler dan Future. Beberapa kabar menyebutkan bahwa tiket tur Rich Chigga sold out. Tapi menurut laporan Zeke Khaselli, vokalis band Zeke And The Popo seperti dilansir malesbanget.com, meski konser di New York sold out tapi penampilan Rich Chigga minim tepuk tangan. Meskipun respon dari penontonnya baik, dari mulai bersorak seru dan ikutan nyanyi.

Kolaborasi dengan Skrillex

Tidak jauh berselang setelah Dat $tick menuai sukses, Brian berkesempatan berkolaborasi dengan musisi Skrillex. Lagu “Working For It” ini menuai pujian bahwa kemampuan Brian nge-rap layak jadi rising star di dunia musik internasional.

Mulanya lucu-lucuan tapi pencapaian lagu “Dat $tick” nggak bisa dianggap lucu

Rich Chigga mengatakan saat membuat video klip lagu pertamanya “Dat $tick” ia berharap bisa memakai baju hasil rancangan designer. Tapi ia merasa lagunya sudah cukup serius maka ia mengubahnya jadi terlihat lucu.

Sebelum mengeluarkan video tersebut, Brian memang sudah aktif menggarap konten-konten lucu baik dari video vine, Instagram dan YouTube. Jadi ide “gila” Brian di video klip tersebut bukan hal yang baru untuk orang yang memang doyan menggarap konten lucu tersebut.

Selain memang lagunya brilian, video klip Dat $tick ini jadi perbincangan banyak orang. Sejauh ini, video tersebut sudah ditonton oleh 48 juta penonton. Fantastis!

Rich Chigga ini bisa jadi salah satu inspirasi kalian #DOgeneration yang ingin populer di kancah musik. Kita bisa kok, terbebas dari kontroversi asal punya cara yang unik dan kreatif. Yuk, pamer karya kreatifmu di HAHO dan kalau kamu memang menarik dan unik kamu  kesempatan diulas profilmu seperti Rich Chigga.