Panca Andra: “Orang Sering Salah Paham Mengartikan Akrobat dengan Happening Act”

Pernahkah kamu menonton pertunjukan akrobat, di mana para talentnya memiliki keahlian khusus seperti di antaranya adalah pertunjukan sirkus dan aerial silk dance?

Pertunjukan akrobat ini biasanya hadir dalam acara hari raya seperti Imlek maupun sebagai hiburan pembuka suatu acara peresmian suatu produk atau sebuah pameran.

Nah, kali ini HAHO mewawancarai Panca Andra, pendiri X-Star Management yang mewadahi para talent dalam pertunjukan sirkus maupun akrobat.

HAHO Panca Andra - Akrobat dan happening act
Profil Panca Andra. Sumber: HAHO

Yuk, simak hasil wawancara #HAHOteam dengan Mas Panca Andra berikut ini!

Halo, Mas Panca! Boleh dijelaskan X-Star Management itu apa?

Akrobat dan Happening Act - HAHO Badut
Happening act badut Sumber: instagram.com/manajemenkit_ta

“X-Star adalah sebuah talent management yang awalnya untuk extreme performer. Seperti akrobat, nah, orang-orang itu banyak yang salah paham dengan talent ini. Misalnya ada badut dan pemain egrang, mereka seringkali disebut dengan akrobat. Padahal bukan, mereka adalah bagian dari happening act. Kalau akrobat sendiri itu seperti sirkus, pertunjukan wire walker atau jalan kawat, dan aerial silk dance.”

Sebenarnya apa sih perbedaannya?

Akrobat dan Happening Act - HAHO
Ilustrasi Aerial Silk Dance. Sumber: LearnLocal

“Akrobat di sini benar-benar talent yang punya kemampuan. Nggak semua orang bisa. Latihannya nggak cuma 1-2 hari, lho. Happening act biasanya ada untuk pembuka acara seperti misalnya badut atau talent yang memakai kostum tertentu. Biasanya untuk pembuka acara. Di Indonesia sendiri ada jenis akrobatik yaitu, wire walker cuma ada satu di Indonesia. Terus ada aerial silk dance, ini ‘kan perform yang butuh kemampuan. Saya ingin mengedukasi masyarakat, bahwa akrobat adalah pekerjaan yang butuh skill khusus dan harus diapresiasi. Di cina, di Eropa Timur para akrobatnya itu dijadikan pujaan.”

Bagaimana Mas Panca menemukan talent-talent ini?

Akrobat dan Happening Act - HAHO putar mangkok
Putar mangkok Sumber: instagram.com/manajemenkit_ta

“Untuk X-Star sendiri, kami punya 16 orang talent yang ada di basecamp. Mereka benar-benar talent dari internal yang memiliki keahlian khusus. Mereka juga multitalenta, bisa salto, bisa jalan di atas kawat. Manusia cebol juga ada, bahkan mereka bisa akrobat mangkok dengan jumlah yang sangat banyak.”

Bagaimana Mas Panca managing semua talent, padahal jenis talentnya banyak? Apakah Mas memiliki partner?
“Saya tidak pernah punya partner, kami punya semboyan di X-star. We have no friends in X-Star, because we are family. Inilah yang membuat X-star seperti sekarang. Sehingga apa yang kita lakukan semuanya untuk kekeluargaan.

Untuk extreme performer, bagaimana cara Mas Panca menjamin keselamatan para talent?

Akrobat dan Happening act - Wire walker
Ilustrasi: Wire walker. Sumber: NJ

“Nah, ini yang orang-orang lupa tentang pemain akrobat. Orang-orang suka berpikir bahwa pemain akrobat itu adalah orang-orang nekat. Padahal nggak, mereka adalah orang-orang yang selalu berlatih dan selalu punya perhitungan. Jadi, ketika Saya berbicara soal safety, misalnya ketika tampil, kita bisa lihat dari peralatan yang digunakan. Misalnya wire walker, kita melihat ketegangan kawatnya seperti apa, ketinggiannya berapa. Semua sudah diperhitungkan, jadi kita juga latihan rutin.”

Di Indonesia sendiri pertunjukannya di mana aja Mas? Termasuk big event ya?

“Di event sering, dari EO (Event Organizer), di televisi juga. Kami tidak pernah bilang event besar atau kecil. Karena, ketika kita mengkotak-kotakan event, akhirnya mengurangi tanggung jawab kita sebagai performer, jadi menggampangkan pekerjaan. Untuk kami semua event itu sama.”

Untuk talenta magical multimedia, itu Mas Panca sendiri bukan sih?

“Bukan, Saya sudah nggak perform. Sekarang Saya seorang konseptor, mengarahkan koreografi juga.”

Saya baru lihat sebenarnya di Indonesia, dapat ide dari mana sehingga bisa terpikir memiliki talent dengan kemampuan seperti itu?

“Sebenarnya ide kreatif Saya sering muncul karena adanya keterpaksaan. Misalnya gini, klien minta ke Saya performer dengan penampilan tertentu. Ya, itu bisa-bisa aja. Senangnya, Saya punya tim internal yang bisa setiap saat ngumpul dan ngomongin ide.”

Kalau boleh memilih, dari segala jenis talent, jenis talenta apa yang menjadi favorit Mas Panca?

“Semua favorit. Kalau kita sendiri tidak menggemari, bagaimana orang lain bisa gemar dengan pertunjukan kita? Di X-Star juga sekarang banyak pertunjukan LED, lho

Kenapa memilih LED, Mas?

“Lebih terlihat futuristik aja.”

Akrobat dan Happening Act - HAHO LED Dancer
LED Dancer. Sumber: instagram.com/manajemenkit_ta

Mas Panca punya pesan nggak untuk para talent di luar sana atau ingin mengedukasi masyarakat tentang dunia akrobat?

“Akrobat di Indonesia sangat memprihatinkan. Untungnya Indonesia masih punya Oriental Circus, seharusnya pemerintah itu membantu perkembangan akrobat ini. Karena, tidak semua negara mempunyai sirkus. Kebetulan Indonesia punya sirkus sebesar Oriental Circus ya. Di Indonesia sudah tidak ada lagi, tidak ada regenerasinya.

 


Baca juga: Seni Pantomim Indonesia Bergerilya Lewat Komunitas


 

Harapan Mas Panca sendiri mengenai dunia akrobat?

“Pokoknya Saya ingin sekali akrobat itu berkembang di Indonesia. Malaysia nggak punya, Singapura nggak punya. Percaya atau nggak, satu daerah cuma bisa melihat pertunjukan akrobat 1 tahun sekali. Oriental Circus ini bermain keliling ke seluruh Indonesia. Maka kesempatan masyarakat melihatnya sangat rendah. Saya sangat berharap akrobat di Indonesia itu dapat berjaya.”

Jadi, sekarang sudah bisa bedakan dong, antara badut dengan sirkus? Semoga dunia akrobat di Indonesia bisa lebih diapresiasi ya #DoGeneration!

Lihat info profil Panca Andra di sini atau kamu bisa ikutan mendaftar menjadi bagian X-Star Management, klik profilnya di sini : X-Star Management 

Kalau kamu termasuk art performer, nggak ada salahnya ikutan SIGN UP yuk di HAHO.CO.ID

 


Baca juga: Perkembangan Ventriloquism di Indonesia


 

Angie Tritantya

Creative Content Writer