Menggambar Karakter Kartun dengan Berbagai Posisi dan Ekspresi

Menggambar karakter kartun bukanlah hal yang jarang di era digital. Di internet, karakter kartun dalam komik ataupun info singkat bisa kita jumpai kapan saja, di mana saja.

Menggambar karakter kartun ternyata bukan hal yang simpel, lho. Untuk mencapai kesempurnaan dalam sebuah gambar, tentunya dibutuhkan pengetahuan artistik juga teknik menggambar yang mencukupi.

Pasti di antara kalian ada yang memiliki keinginan untuk jago menggambar karakter kartun, bukan? Kali ini, HAHO akan memberikan beberapa tips menggambar dengan berbagai ekspresi dan posisi.

Para animator profesional biasanya menggambar karakter kartun menggunakan garis bantu sebagai panduan untuk menentukan ekspresi dan perspektif dari karakter yang digambar. Untuk tahap awal, bisa dimulai dengan menggambar satu kombinasi bentuk sederhana antara lingkaran dengan potongan garis vertikal dan horisontal.

Lingkaran dan Garis Vertikal/Horisontal. Sumber Tutsplus Design.

Kombinasi garis dan bentuk di atas merupakan hal krusial dalam menggambar karakter, yang nanti posisinya dapat dimodifikasi sedemikian rupa, sesuai dengan ekspresi dan posisi keinginan animator.

Variasi posisi gambar dasar. Sumber: Tutsplus Design.

Sekarang, lanjut ke bagian-bagian detilnya, tenang, kamu nggak harus menggambar langkah-langkah di bawah ini sesuai urutan. Ingat, kebebasan menggambar semua ada di tangan kamu.

Mata

Pada tahap ini, garis vertikal berfungsi sebagai pembatas jarak antara mata kiri dan kanan. Mulai menggambar bentuk oval atau lingkaran sempurna pada garis horisontal yang telah kamu gambar sebelumnya. Kemudian, tambah bagian-bagian seperti alis dan lingkaran bola mata sesuai dengan keinginan kamu.

Posisi mata dan alis sesuai dengan garis vertikal dan horisontal. Sumber: Tutsplus Design.

Rahang

Pada tahap inilah kamu bisa lebih berekspresi sesuai dengan jiwa seni kamu, karena bentuk rahang akan menentukan seperti apa bentuk keseluruhan kepala karakter kartun yang kamu buat: tua, muda, gemuk, atau kurus.

menggambar karakter kartun
Bentuk rahang menentukan keunikan fisik karakter kamu. Sumber: Tutsplus Design.

Hidung

Sesuai karakter yang kamu buat, dalam menggambar hidung karakter kartun sebetulnya tidak harus menggambar seluruh bagian dari indera penciuman tersebut. Hanya dengan menggambar ujung atau satu sisi saja, kamu sudah bisa memberikan efek yang meyakinkan. Hal yang terpenting, gambar hidung karakter kamu sesuai dengan garis vertikal.

Menggambar hidung karakter sesuai dengan garis vertikal. Sumber: Tutsplus Design

Mulut

Dalam kartun, menggambar mulut karakter kamu sebetulnya bisa dilakukan sesederhana menggambar garis mulut tanpa bibir. Garis yang kuat dan ekspresif sudah cukup menggambarkan mulut karakter kamu.

Garis sederhana untuk mulut karakter kartun. Sumber: Tutsplus Design.

Telinga

Untuk menggambar telinga sesuaikan dengan garis horisontal pada wajah, mulai gambar telinga dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan keinginan kamu sebagai animator.

menggambar karakter kartun
Gambar telinga sesuai dengan posisi garis horisontal. Sumber: Tutsplus Design.

Rambut

Ikuti bentuk kepala karakter kamu, berikan model rambut sesuai keinginan. Botak? Panjang? Mohawk? Semua keputusan ada di tangan kamu, sang animator.

menggambar karakter kartun
Tambahkan gambar model rambut sesuai keinginanmu. Sumber: Tutsplus Design.

Menggunakan langkah-langkah yang sama, tentunya kamu bisa menggambar karakter kartun dengan penampilan fisik dan ekspresi yang bervariasi juga, lho. Misalnya seperti gambar-gambar karakter kartun di bawah ini.

menggambar karakter kartun
Variasi gambar karakter kartun. Sumber: Tutsplus Design.

Tentunya kamu gunakan teknik perspektif, agar bisa menentukan ke mana kepala karakter kartun buatanmu mengarah dan juga ekspresi wajah yang sesuai dengan keinginanmu.

menggambar karakter kartun
Beberapa karakter kartun dengan ekspresi dan perspektif yang berbeda. Sumber: Tutsplus Design.

Nah, menggambar karakter kartun tidak sesulit yang terbayang sebelumnya, ‘kan? hanya diawali dengan gambar bentuk-bentuk sederhana, siapa sangka kamu bisa menggambar karakter-karakter lucu dengan variasi ekspresi?

Kalau kalian tertarik untuk mencari info soal dunia seni lainnya atau ingin memperlihatkan seberapa unik kreativitas kamu, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

Baca juga: 4 Sekolah Animasi Terbaik di Indonesia