Mengenal Pertunjukan Seni Teater Tradisional Indonesia

Pementasan Lenong “Sampek Engtay.” Sumber: Frontroll

Teater tradisional Indonesia adalah salah satu jalan andalan tanah air untuk dikenal dunia.

Indonesia memiliki beragam wajah budaya dari tiap daerah, mulai dari bahasa, gestur, tutur bicara, makanan khas, bahkan hingga pakaian adat dan alat musik. Tapi nggak hanya sebatas itu saja, lho. Seni teater tradisional merupakan salah satu rupa budaya Indonesia yang tak kalah populer dibandingkan tipe seni budaya lainnya.

Seni teater tradisional Indonesia adalah bentuk performing arts yang telah mendunia. Kali ini, kita akan membahas beberapa seni teater tradisional yang dimiliki Indonesia dari beberapa daerah.

Seni teater merupakan salah satu dari beragam bentuk seni visual yang ada di Indonesia. Seperti tanah air kita yang memiliki corak budaya unik pada masing-masing daerah, seni teater tradisional di Indonesia sangatlah beragam dan memiliki karakter unik, tapi apa kamu tahu apa saja keunikan tersebut? Berikut ulasannya.

Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan bentuk seni tradisional Indonesia yang populer dan berkembang pesat di pulau Jawa dan Bali. Dalam bahasa Jawa, “wayang” memiliki arti “bayangan,” jadi tidak heran mengapa teater tradisional yang satu ini menjadikan bayangan sebagai nilai keunikan dalam performa teaternya. Selain wayang kulit, ada juga dua jenis teater wayang lainnya, yaitu Wayang Golek dan Wayang Orang.

Ketoprak

Teater tradisional Ketoprak berasal dari Jawa Tengah. Isi cerita dalam teater tradisional Ketoprak menggambarkan beragam situasi, seperti fenomena sejarah hingga cerita fantasi lokal. Dalam Ketoprak, ada unsur tradisi Jawa yang sangat kuat, seperti tutur kata dan bahasa yang halus, pakaian adat, maupun bunyi musik yang mengiringi penampilan aktor dan aktris di dalamnya.

Teater Tradisional Ketoprak. Sumber: Yudasmoro

Ludruk

Ludruk—seni teater tradisional yang lahir di kota Jombang—merupakan bentuk teater yang memiliki tema “kerakyatan.” Kisah yang disampaikan melalui Ludruk sebagian besar berisi gambaran tentang perjuangan rakyat melawan penindasan, dan dialek utama yang digunakan dalam teater ini adalah dialek Jawa Timur.


Baca juga: Sekolah-sekolah akting di Jakarta yang oke!


Lenong

Keunikan yang dimiliki Lenong adalah unsur humor yang kuat. Teater tradisional ini berasal dari Betawi, yang mana dikenal sebagai daerah dengan populasi yang cenderung humoris. Selain humor, Lenong juga memiliki keunikan dalam alat musik yang sesuai dengan atmosfir teaternya yang menghibur, seperti gambang kromong, gong, gendang dan suling.

Arja

Teater tradisional yang berasal dari Bali ini merupakan kombinasi dari berbagai seni yang terdapat di Bali, seperti seni tari, drama, vokal, hingga seni busana. Tapi, yang lebih hebat lagi, pertunjukan teater ini merupakan teater yang komunikatif dengan penontonnya, bahkan penonton tersebut bisa menentukan reaksi dari aktor dan aktris yang bemain di dalamnya.

Teater Arja Bali. Sumber: NOW! Bali

Nah, di atas adalah ulasan beberapa seni teater tradisional di Indonesia. Tenang, kita bakal kasih kamu informasi sanggar-sanggar teater yang bisa kamu kunjungi, terutama kalau kamu ingin mendalami dunia seni teater.

Teater Populer

Teater Populer adalah komunitas teater Indonesia yang didirikan oleh Teguh Karya di tahun 1968, dan kini telah menjadi ikon teater Indonesia. Selain berfokus pada bidang seni teater, Teater Populer juga aktif dalam pembuatan film layar lebar.

Teater Gandrik

Didirikan oleh Heru Kesawa Murti, Susilo Nugroho, Saptaria Handayaningsih, serta Jujuk Prabowo, komunitas teater asal Yogyakarta ini telah aktif sejak tahun 1983. Teater Gandrik sendiri lebih aktif mengangkat tema sosial, kritik terhadap penguasa, dan kehidupan masyarakat kecil.

Seni Budaya Khatulistiwa

Seni Budaya Khatulistiwa adalah salah satu komunitas seni di Jakarta. Diketuai oleh Teguh Hari Santoso, komunitas ini cukup aktif melestarikan dan menjaga budaya seni Indonesia. Seni Budaya Khatulistiwa secara rutin mengadakan kegiatan Tradisi Teater Nusantara yang mana menjadi sarana untuk melestarikan budaya Indonesia dan menjadi wadah pemida pecinta seni Indonesia.

Itulah informasi tentang teater tradisional Indonesia dari HAHO. Jadi, untuk kamu #DoGeneration yang tertarik dengan tentang dunia seni teater tradisional Indonesia atau memiliki talenta untuk berperan di dalamnya, segera daftarkan dirimu di HAHO.CO.ID!

 

Baca juga: Teknik-teknik dasar akting ala Andy Permana