Tips Dapet Kerja di Dunia Creativetainment Buat Pemula

Untuk mendapatkan pekerjaan impian di dunia creativetainment seseorang dituntut memiliki pengalaman.

Sementara ada sebagian orang yang justru baru mulai mencari pengalaman kerja di dunia creativetainment. Hal ini jadi terkesan newbie sulit banget masuk ke industri creativetainment.

Mencari kerja di dunia creativetainment memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa. Simak nih tips mendapatkan pekerjaan di dunia creativetainment untuk orang yang belum memiliki pengalaman!

Jangan malu mengisi posisi sebagai cadangan atau pekerja kontrak

Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman yang cepat adalah mengambil pekerjaan untuk posisi-posisi yang sifatnya sementara atau karyawan kontrak. Biasanya production house akan menempatkan karyawan baru sebagai admin atau asisten hanya untuk satu project.

Jangan malu atau gengsi untuk mengambil posisi tersebut. Meskipun mungkin masih jauh dari mimpimu, tapi ingat kamu berada di lingkungan kerja yang sangat membantumu mencapai cita-citamu. Kamu akan sering bertemu dengan orang-orang yang berpengalaman, berkesempatan mengobservasi cara kerja mereka dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya.


Baca Juga: 3 Hal yang Sering Diabaikan Pekerja Kreatif Saat Cari Kerja


kerja di dunia creativetainment

Magang Di Dunia Creativetainment

Belum berkesempatan kerja di dunia creativetainment? Coba deh magang! Banyak media elektronik, production house, atau galeri seni yang membuka kesempatan untuk magang. Program magang ini tidak terbatas pada satu divisi saja, tapi juga beragam. Kamu bisa mulai hunting lowongan ini sesuai keahlian atau ketertarikanmu di dunia creativetainment.

Info lowongan magang ini biasanya tersebar di website dan atau sosial media mereka tentang lowongan magang ini.

Jadi relawan dalam acara-acara creativetainment

Salah satu cara memperkaya pengalaman kerja di dunia creativetainment adalah terlibat menjadi relawan dalam sebuah acara. Banyak penyelenggara yang membutuhkan tenaga relawan dalam event yang mereka gelar.

Menjadi relawan konsekuensi yang harus kamu terima adalah kamu tidak dibayar. Jadi persiapkan mentalmu sedari awal dan ingat lagi pengalaman yang akan kamu dapat adalah modal untuk membeli pengalaman yang lebih baik lagi.

director

Menjadi produser, sutradara dan creator indie

Di era serba canggih dan mudah ini, untuk bisa eksis di dunia creativetainment kamu bisa mulai memproduksi karya sendiri. Kalian tentu familiar dengan nama-nama seperti Reza Oktovian, Chandra Liow, Bena Kribo, dan Bayu Skak. Mereka mulai diperhitungkan di dunia creativetainment setelah berani membuat karyanya sendiri dan meramaikan YouTube.

Mereka memanfaatkan media sosial untuk mempromokan karya mereka. Dari bermodal kocek sendiri sampai sekarang sudah disponsori brand-brand ternama.

Selain di media sosial kalian juga bisa mempromosikan hasil karya kalian di HAHO. Tidak hanya jadi wadah kalian pamer kreativitas, HAHO juga memberikan info lowongan pekerjaan di dunia creativetainment secara berkala.

So, tunggu apalagi yuk daftarkan dirimu di HAHO!