Ternyata Beda! Ini Dia Perbedaan Author dengan Writer

Ada dua jenis kontributor dalam dunia penulisan, yaitu author dan writer. Tapi, tahukah kamu perbedaan author dengan writer?

Kamu pasti sering melihat nama penulis pada sampul depan sebuah buku, baik novel, komik, atau buku pendidikan. Tapi kadang pembaca fanatik pun kurang memahami perbedaan author dan writer.

Nah, untuk kamu yang tertarik dengan dunia penulisan, HAHO akan membahas apa saja perbedaan author dengan writer.

Keduanya memang terdengar tidak jauh berbeda, namun, ternyata perbedaan author dengan writer itu sangat signifikan, lho. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing tipe kontributor dalam dunia penulisan tersebut.

Writer pada dasarnya adalah seseorang yang mempekerjakan dirinya sebagai penulis yang berkarya di lebih dari satu bidang spesifik. Contohnya adalah seorang penulis yang memiliki karya di berbagai tipe media, bisa dimulai dari teknologi, entertainment, hingga berita terkini. Artinya, seorang writer bersifat terbuka dalam menerima dan juga menanamkan opini publik.

Seorang author, memiliki karya yang bersifat lebih tertutup dari opini publik. Dengan kata lain, seorang author melahirkan karyanya dengan tujuan untuk mengeluarkan ide-ide yang ada dalam kepala. Seorang author juga kerap menerbitkan buku, lebih menganggap dirinya sebagai sumber dari semua tulisannya, dan tidak terikat dengan media jurnalistik apapun.

 


Baca juga: Kerja Kreatif untuk yang Doyan Traveling!


 

Sekarang, HAHO akan memberikan contoh author dan writer ternama Indonesia untuk memberikan gambaran yang jelas untuk perbedaan dari masing-masing jenis penulis.

Arswendo Atmowiloto

perbedaan author dengan writer
Arswendo Atmowiloto. Sumber: Surat Kabar.

Writer kelahiran 26 November 1948 ini sempat menjadi penulis untuk majalah Hai. Selain itu, Arswendo juga merupakan penulis dalam harian Kompas. Dari sejarah karirnya telah disebutkan, Arswendo bisa disebut sebagai penulis yang bekerja pada dua aliran jurnalistik yang sama sekali berbeda, membuatnya menjadi seseorang yang menyandang label writer.

Ayu Utami

perbedaan author dengan writer
Ayu Utami. Sumber: Solo Pos.

Author novel “Saman” ini merupakan salah satu novelis top Indonesia. Berbeda dengan Arswendo Atmowiloto, Ayu Utami adalah seorang penulis yang membuat karya tidak berdasarkan apa yang dibutuhkan publik, melainkan semua ide cerita untuk bukunya berasal dari dirinya sendiri, tanpa ada instruksi dari media.

 

Meskipun sangat berbeda, tentu tak ada klaim bahwa seorang writer lebih ahli dibandingkan author; masing-masing tipe penulis memiliki karakteristik yang membuatnya unik.

 

Begitulah perbedaan author dengan writer versi HAHO. Yang manapun di antara keduanya, kamu bisa gabung untuk menyalurkan jiwa penulis kamu di HAHO.CO.ID!

 


Baca juga: Puisi Dunia Maya Aan Mansyur