Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Seputar Asisten Produser

Asisten Produser atau dikenal dengan istilah PA (Production Assistant) adalah posisi entry level di produksi film dan televisi. Namun begitu sosok asisten produser ini memegang peran yang sangat penting dalam sebuah produksi televisi ataupun film.

Yuk, kita bedah apa sih pekerjaan asisten produser, keahlian dan pendidikan apa yang dibutuhkan jika ingin memulai karir sebagai PA?

Asisten produser bertugas membantu agar proses produksi berjalan lancar, dari mulai pra produksi hingga pasca produksi. Seorang PA memastikan alat-alat produksi tersedia dan tidak ada yang terlewat, kru bekerja sesuai jadwal dan tidak ngaret, membuat salinan skrip, sampai memantau proses editing termasuk di dalamnya proses dubbing.

Tugas asisten produser ini bisa dititahkan dari produser sampai teknisi sound. Semua tergantung siapa yang paling membutuhkan si PA ini. Nggak jarang juga kita dengar bahwa tugas PA termasuk membuatkan kopi bagi kru.


Baca Juga: Tips Produksi Film Pendek dengan Budget Rendah


 

Kemampuan dan pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi asisten produser

Meskipun tidak ada patokan pasti background pendidikan yang harus dimiliki jika ingin menjadi asisten produser tapi ada list kemampuan yang wajib dimiliki bagi siapapun yang ingin menggeluti dunia ini, seperti di bawah ini:

 

  • Memiliki rasa tanggung jawab yang besar

Jabatan PA ini termasuk sebagai salah satu pekerjaan yang rawan. Selama dia lelet, malas atau tidak memiliki manajemen waktu yang baik, maka “umur” dia bekerja sebagai PA juga tidak lama. Posisi ini cepat sekali digantikan oleh orang yang lebih baik dan tentunya memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

 

  • Memiliki kemauan untuk belajar

PA dituntut untuk mengetahui paling tidak job desk masing-masing kru. Dari mulai alat sampai istilah-istilah wajib dipelajari dengan baik. Jika seorang PA tidak ada kemauan untuk belajar, kembali lagi ia bisa kalah dari pendatang baru di dunia PA. Ditambah dia akan kehilangan promosi untuk naik level ke yang lebih tinggi.

Beberapa produser sutradara besar banyak lahir dan mengawali karir sebagai asisten produser, salah satunya adalah pemilik NET TV, Wishnutama.

  • Menjadi pendengar yang baik dan peka terhadap lingkungan sekitar

Dengarkan semua arahan yang diberikan dengan baik. Kadang di beberapa kasus, PA juga dituntut inisiatif yang tinggi. Maka dari itu, peka terhadap sekitar juga sangat diperlukan.

  • Sabar

Tekanan dari berbagai pihak tidak bisa dihindari, tapi jika kamu menjalankan semua pekerjaan dengan baik, orang-orang di sekitar juga akan peka. Manajemen emosi sebisa mungkin terkontrol dengan baik agar tidak mempengaruhi profesionalisme kerja.

Untuk kalian #DOgeneration yang tertarik jadi asisten produser yuk segera daftarkan dirimu di HAHO. Temukan berbagai info lowongan kerja di dunia creativetainment.

Baca Juga:

4 Tips Menjadi Sound Editor Handal!

Tertarik Jadi Sound Editor? Baca di Sini!

Teknik Dasar Akting Ala Andy Permana