Ini Dia Cara Memilih Soundtrack untuk Web Series Kamu!

Soundtrack untuk web series tak kalah pentingnya dengan soundtrack untuk film komersil.

Seperti halnya film Hollywood atau teater lokal, soundtrack untuk web series memiliki fungsi untuk mendukung atmosfir suatu adegan dalam film. Kesan senang, sedih, dan seru pada adegan bisa diperkuat dengan soundtrack yang sesuai.

Bagi kamu yang tertarik dengan serial dunia maya, kali ini HAHO akan memberi tips untuk memilih dan juga membuat soundtrack untuk web series kamu.

Sesuaikan dengan tema cerita dan adegan film kamu

Mencari atau membuat soundtrack untuk web series yang sesuai dengan tema film kamu secara keseluruhan bisa menggambarkan pesan inti adegan. Jika web series yang kamu buat memiliki tema love story, gunakanlah soundtrack dengan instrumen musik yang cenderung memiliki karakter romantis, misalnya seperti piano dan gitar akustik.

Kamu bisa memakai soundtrack dari sumber eksternal

Beberapa sutradara web series internasional maupun lokal bekerja sama dengan musisi untuk mengisi soundtrack dalam filmnya. Contohnya, web series Sore: Istri dari Masa Depan berkolaborasi dengan musisi Kunto Aji dan Adhitia Sofyan untuk soundtrack dalam filmnya.

Bukan berarti kamu tidak bisa membuat soundtrack sendiri

Tentu kamu punya alternatif lain, misalnya seperti membuat soundtrack sendiri, yang mana memiliki kemungkinan lebih menghemat biaya dibandingkan bernegosiasi dengan musisi atau studio rekaman tertentu. Kamu bisa membuat soundtrack untuk web series kamu sendiri dengan menggunakan instrumen musik yang dimiliki, dibantu oleh software audio seperti GarageBand atau FL Studio.


Baca juga: Tips memasarkan musik secara digital


Perhatikan peraturan hak cipta dalam memilih musik

Memilih soundtrack untuk web series atau proyek video lainnya tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika kamu memakai sebuah lagu dengan hak cipta untuk web series kamu tanpa izin, video yang kamu unggah memiliki resiko untuk ditampilkan tanpa audio, atau bahkan dicabut secara keseluruhan.

Atau, gunakan musik tanpa hak cipta dan royalti (royalty-free music)

Kini, banyak website yang menyediakan berbagai jenis musik yang bersifat bebas untuk diunduh dan digunakan tanpa harus khawatir akan hak cipta atau pembayaran untuk komposer musik tersebut, misalnya seperti Incompetech, Free Soundtrack Music, dan Partners in Rhyme.

Bagaimana, ternyata mengisi soundtrack untuk web series kamu tidak begitu sulit, ‘kan?

Kalau kamu adalah seorang kreator web series dan ingin memamerkan karya-karyamu, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca juga: Tips bikin web series cepat sukses!