3 Sekolah Musik di Jakarta yang Bikin Kamu Jadi Musisi Beken

sekolah musik
Para musisi kontemporer IMI Music. Sumber: SOCA Creative ARTS

Tahukah kamu kalau ada banyak sekolah musik di Jakarta yang bisa membantu kamu menjadi musisi oke di Indonesia?

Beberapa musisi Indonesia seperti Barry Likumahuwa, Mike Mohede, dan Joy Tobing merupakan jebolan sekolah musik Indonesia. Tentunya, kamu juga bisa nggak kalah jago sama mereka.

Mendapatkan sebutan sebagai musisi top tentunya nggak hanya dicapai dengan bernyanyi sambil memainkan instrumen di depan layar kaca atau mengikuti audisi. Nah, kali ini kita akan membahas tiga sekolah musik di Jakarta serta kurikulumnya, yang pastinya bisa membantu kamu menjadi musisi handal.

 

IMI Music Department

IMI Music Department merupakan sub-akademi dari SOCA Creative Arts. Di sekolah musik yang satu ini, kamu bisa mendapatkan berbagai pengetahuan tentang musik dan berbagai instrumennya mulai dari performa genre musik klasik dan kontemporer, teknik komposisi musik dan penulisan lirik, hingga pengetahuan tentang produksi audio. Bentuk pelatihan di IMI Music Department juga beragam, mulai dari pengetahuan teori musik, kemampuan analitis, hingga eksekusi produksi musik.

 


Baca juga: Kalau kamu ingin menjadi manajer band sukses, baca artikel ini!


D’Jazz Music School

Didirikan oleh salah satu musisi jazz ternama Indonesia, Venche Manuhutu, D’Jazz Music School adalah sekolah musik di Jakarta yang berfokus pada genre jazz, yang berarti kamu bisa mendalami instrumen musik yang familiar dalam aliran musik tersebut, seperti saksofon dan terompet. D’Jazz Music School memiliki moto “Jazz for Everyone,” jadi, nggak heran jika berbagai kalangan usia bisa bergabung di dalamnya, sesuai pengetahuan musik yang dimiliki siswa, D’jazz Music School menawarkan empat tingkat kelas, yaitu Pra-Basic, Basic, Intermediate, dan Advanced.

Farabi Music School

Farabi Music School dipimpin oleh musisi Indonesia yang namanya nggak asing lagi di Indonesia, Dwiki Dharmawan. Farabi Music School memberikan program mengajar musik yang unik, yaitu penggabungan antara performa musik kontemporer dan studi musik tradisional. Sekolah musik di Jakarta yang satu ini juga memberikan edukasi secara privat, serta workshop bersama musisi lokal dan internasional yang diadakan setiap bulan. Pengetahuan musik yang bisa didapatkan di sekolah ini juga beragam, mulai dari teori musik kontemporer dan tradisional, pelatihan telinga, studi budaya musik lokal dan internasional, aransemen musik, hingga proses yang terjadi dalam industri musik.

sekolah musik
Peserta event Farabi Music Sunday. Sumber: Bintaro Entertainment Center

 

Nah, itulah beberapa sekolah musik di Jakarta pilihan HAHO, untuk membantu kamu yang memiliki hobi ataupun keinginan untuk mendalami dunia musik. Kalau kamu memiliki talenta di bidang musik dan ingin meniti karir di dalamnya, yuk, sign up di HAHO.CO.ID!

 

Baca Juga: 4 Cara promosi band hemat budget!